Samuel Johnson di Google Doodle Hari Ini, Siapakah Dia?

Google Doodle adalah logo-logo Google yang dimodifikasi dan ditampilkan jika ada peringatan atau event tertentu pada hari itu. Google Doodle ditampilkan pada negara tertentu. Jadi tidak semua negara yang bisa melihat Google Doodle yang sama. Singkatnya begitu.

Hari ini, Senin 18 September 2017 Google Doodle memperingati hari kelahiran atau ulang tahun Samuel Johnson ( 1709-1784). Siapa itu Samuel Johnson?

Samuel Johnson

Samuel Johnson atau Dr. Johnson merupakan seorang penulis asal Inggris yang dikenal sebagai tokoh sastra terkenal. Johnson dikenal sebagai seorang yang berkontribusi besar dalam perkembangan sastra Inggris. Ia adalah seorang penyair, moralis, esais, juga kritikus sastra.

Samuel Johnson sendiri lahir di Lichfield, Staffordshire. Ia menempuh pendidikan tinggi di Pembroke College, Oxford. Sayangnya, ia hanya menempuh pendidikan selama satu tahun disana karena kekurangan biaya sehingga ia harus meninggalkan bangku pendidikannya.

Kemudian memilih untuk menjadi seorang guru, dan pindah ke London. Ia pun mulai menulis esai pertama kali untuk majalah The Gentleman. Ia menciptakan karya pertamanya The Life of Richard Savage, kemudian ia juga membuat puisi berjudul "London" dan "The Vanity of Human Wishes". Tak hanya itu, ia juga membuat drama berjudul Irene.

Karyanya A Dictionary of the English Language diterbitkan pada tahun 1755 ia ciptakan setelah sembilan tahun berkarya. Karyanya ini membawa pengaruh besar terhadap perkembangan bahasa Inggris modern. Karya ini pula yang mengantarkannya meraih kesuksesan dan popularitas, karena karyanya ini dianggap sebagai kamus bahasa Inggris paling unggul sebelum karya Oxford English Dictionary 150 tahun kemudian.

Johnson meninggal pada malam tanggal 13 Desember 1784 setelah mengidap serangkaian penyakit serius yang dideritanya. Setelah kematiannya, Johnson mulai diakui sebagai sosok yang berpengaruh besar terhadap kritik sastra. Bahkan ia diakui sebagai satu-satunya kritik sastra terbesar Inggris.

Itulah informasi mengenai sosok Samuel Johnson. Semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan. (Wikipedia)

0 Response to "Samuel Johnson di Google Doodle Hari Ini, Siapakah Dia?"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel