7 Peluang Usaha Rumahan Modal Rp 5 Jutaan

7 Peluang Usaha Rumahan Modal Rp 5 Jutaan - Kebanyakan, orang yang ingin memulai usaha selalu memikirkan modal. Tidak sedikit yang beranggapan bahwa untuk memulai usaha harus ada modal besar dan tidak sedikit yang mengkhawatirkan modal.

Memulai sebuah usaha sendiri tidak harus dengan modal yang besar. Ada banyak usaha dengan modal Rp 5 juta dan menjanjikan keuntungan besar. Anda bisa memilih ide bisnis yang akan disampaikan disini.

Perlu untuk diketahui juga bahwa modal bukan untuk persiapan barang seperti bahan dan peralatan saja, karena strategi mealui promosi juga salah satu bagian yang memiliki peran peting dalam sebuah usaha saat ini. Bahkan tidak sedikit pebisnis yang mengeluarkan modal hampir sama besar dengan modal usaha mereka.

7 Peluang Usaha Rumahan Modal Rp 5 Jutaan

7 Peluang Usaha Rumahan Modal Rp 5 Jutaan

Berikut ini adalah peluang usaha rumahan yang bagus dengan modal hanya Rp5 juta saja, sebagaimana dilansir dari Okezone.com:

1. Usaha Menjahit

Untuk usaha menjahit, pastinya anda perlu menguasai keterampilan menjahit, atau bisa juga belajar terlebih dulu secara otodidak. Kemudian, modal untuk sebuah mesin jahit Rp3 juta, lalu benang dan jarumnya Rp100 ribu, kancing dan retsleting Rp100ribu, total modal adalah Rp3,2 juta. Jika ongkos untuk menjahit sekira Rp200ribu perjahitan dan dalam seminggu bisa mengerjakan 10 jahitan, perhitunganya:

Seminggu = Rp200 ribu x 10= Rp2 juta
Sebulan=  (Rp200 ribu x 10) x 4 minggu = Rp6 Juta

2. Usaha Reparasi Tas

Usaha ini juga memerlukan keahlian khusus, dan untuk modal awalnya adalah sebuah mesin jahit biasa  senilai Rp 1 juta, mesin jahit khusus untuk bahan kulit Rp 3 juta. Kemudian, spare part seperti lem, benang dan lainya sebesar Rp200 ribu. Maka total pengeluaranya adalah Rp4,2 juta. Sedangkan ilustrasi pemasukannya:

Seminggu : Rp100 ribu x 10 = Rp1 juta
Sebulan : ( Rp100ribu x 10) x 4 minggu = Rp4 Juta

3. Usaha Laundry Kiloan

Usaha laundy kiloan ini mungkin tidak terlalu sulit ditemukan, dan sudah banyak dimanfaatkan oleh sebagian orang sebagai usaha yang cukup menguntungkan. Usaha ini hanya memerlukan tempat yang strategis, seperti di sekitar kampus atau dekat area perkantoran.

Modal untuk usaha ini adalah mesin cuci dan pengering senilai Rp3 juta, dua buah setrika dengan harga masing-masing Rp200 ribu, timbangan Rp200 ribu, deterjen dan pewangi Rp200 ribu, dan keperluan lainnya sekira Rp200 ribu. Total modal seluruhnya Rp4 juta. Namun, anda perlu memperhitungkan juga jika mesin cuci yang digunakan akan ditambah, lalu ada karyawan yang bekerja juga di laundry anda.

Dengan perhitungan rata-rata order 20 kilo pakaian per hari dengan harga Rp6.000 per kilonya, maka pemasukan untuk sebulan = (20 kilo x 6 ribu) x 30 = Rp3,6 juta.

4. Usaha Jasa Cuci Kendaraan

Untuk jenis usaha ini, pastikan anda memiliki ruangan khusus yang cukup luas untuk mencuci kendaraan dan juga mengeringkanya. Adapun modal yang diperlukan adalah satu set kompresor mesin cuci motor seharga Rp4 juta, bahan bakar kompresor dan listrik Rp500 ribu, sabun cuci Rp200 ribu, totalnya sekira Rp4,7 juta. Dengan ongkos cuci motor Rp10 ribu dan rata-rata kendaraan yang dicuci per hari 10, maka keuntunganya diperkirakan:

(10 x Rp10.000 ) x 30 = Rp3 Juta (belum memperhitungkan biaya pegawai dan lainnya).

5. Usaha Salon

Usaha salon juga masih sangat diminati hingga sekarang ini, terutama untuk memanjakan kaum wanita. Modal yang diperlukan berupa kursi hidrolik dan meja rias seharga Rp 3 juta, steamer rambut Rp500 ribu, tempat cuci rambut Rp300 ribu, Hair dryer Rp200 ribu, peralatan lainnya sekira Rp1 juta. Total seluruh modal adalah Rp5 Juta. Pemasukanya, memperhitungkan tarif standar potong dan cuci sekira Rp50 ribu dan pelanggan rata-rata lima orang per hari, maka pendapatan perbulannya sekira:

( 5 x Rp50.000) x 30 = Rp7, 5 Juta

Perhitungan tersebut belum termasuk komponen gaji untuk karyawannya. Dan jika ada tambahan jasa lainya, seperti facial, spa, mungkin modal akan bertambah lagi.

6. Usaha Salon Hewan

Saat ini bukan manusia saja yang wajib merawat diri agar tetap sehat, hewan juga memerlukan perawatannya yang sama, terutama hewan rumahan seperti kucing dan juga anjing. Modal yang diperlukan adalah Rp1,4 juta, meliputi selang, bak mandi hingga gunting, sisir, makanan dan vitaminnya. Untuk pemasukannya, bila rata-rata per hari merawat lima ekor dengan tarif Rp50 ribu. Maka keuntungannya: (5 x Rp50ribu) x 30 = Rp7,5 Juta.

7. Usaha kerajinan Tangan

Anda orang yang sangat kreatif? Bisa membuat usaha kerajinan tangan. Dengan modal seperti tanah liat dengan harga Rp10 ribu per kilogram, peralatan Rp300ribu. Setidaknya, jika ada dua klien saja perbulannya, dengan pesanan per klien 1.000 biji, harga souvenir Rp2.000, maka pemasukan = (1000 x 2000) x 2 = Rp4 Juta.

0 Response to "7 Peluang Usaha Rumahan Modal Rp 5 Jutaan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel