Tips Mendapatkan Modal Usaha Untuk Menjalankan Bisnis

Modal merupakan salah satu hal penting dalam menjalankan usaha selain ide usaha itu sendiri. Namun tidak sedikit yang memiliki keinginan, ide dan tempat tapi tidak memiliki modal untuk membuka usaha atau bisnis tertentu yang diinginkan.

Modal juga pondasi dalam membangun usaha, pondasi yang kuat akan menghasilkan bangunan yang kuat pula. Oleh sebab itu, sebelum memulai usaha penting untuk Anda memikirkan modal usaha itu sendiri dengan kalkulasi yang tepat agar usaha berjalan dengan lancar tanpa hambatan kehabisan modal.

Tips Mendapatkan Modal Usaha Untuk Menjalankan Bisnis

Memang selain modal juga butuh manajemen yang baik, pengelolaan keuangan yang baik dan benar. Baiklah, berikut ini saya sampaikan beberapa tips cara mendapatkan modal usaha untuk memulai bisnis Anda.

1. Modal sendiri

Jika ingin membuka usaha dengan modal sendiri, Anda bisa menabung dari sekarang apabila saat ini belum memiliki modal sendiri. Membuka bisnis dengan modal sendiri tentunya memiliki banyak kelebihan dan tentunya keuntungan karena tidak perlu membayar angsuran seperti pinjaman.

2. Modal koperasi

Tidak ada salahnya mengajukan pinjaman ke koperasi terdekat atau koperasi unit desa (KUD) yang biasanya ada di setiap daerah. Meski harus membayar angsuran bulanan kepada koperasi, tapi jika Anda serius usaha hal ini tidak akan memberatkan, apalagi biasanya koperasi tidak membebankan terlalu berat soal angsuran.

3. Relasi atau Investor

Meski Anda ingin membuka usaha modal kecil atau usaha kecil-kecil, tidak ada salahnya minta bantuan relasi atau modal dari investor. Bisa dengan membawa teman atau kerabat untuk menanamkan modalnya dalam usaha Anda. Soal pembagian keuntungan bisa disesuaikan tergantung kesepakatan yang Anda buat dengan relasi atau investor.

4. Proposal ke perusahaan

Jika di daerah tempat tinggal atau tempat usaha Anda ada beberapa perusahaan, coba ajukan proposal modal usaha. Biasanya sebuah perusahaan skala menengah ke atas wajib memberdayakan masyarakat. Tidak hanya itu, bahkan wajib memasukkan karyawan yang cacat minimal 1 orang dalam 100 karyawan. Jadi, cukup mudah untuk mendapatkan bantuan dana dari perusahaan melalui proposal. Namun, perlu Anda ketahui dalam mengajukan proposal profil usaha harus jelas karena perusahaan tidak sembarangan memberi bantuan modal usaha tanpa kejelasan usaha itu sendiri.

Itulah tips mendapatkan modal usaha yang bisa saya sampaikan. Semoga tips di atas bisa menambah wawasan Anda tentang mendapatkan modal usaha atau bisnis.

0 Response to "Tips Mendapatkan Modal Usaha Untuk Menjalankan Bisnis"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel