Pekerjaan Membuat Penawaran Proyek

Akhir-akhir ini jadi jarang menulis di beberapa blog yang saya punya karena sibuk dengan pekerjaan membuat penawaran proyek untuk perusahaan tempat saya bekerja. Memang setiap tahun, terutama saat dimulainya lelang proyek oleh Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Riau, saya ke Pekanbaru untuk membuat beberapa penawaran project.

Tahun ini berbeda dari tahun-tahun sebelumnya dimana tahun ini lebih sedikit jumlah proyek yang masuk dalam proyek incaran perusahaan saya. Namun, proyek tahun ini lebih besar, mungkin ini juga yang menyebabkan bos saya mengambil proyek yang jumlahnya lebih sedikit namun memiliki harga pagu yang lebih besar. Jenis pekerjaan juga berbeda, biasanya Hot Mix, sekarang Rigid Pavement menggunakan Batching Plant dan mengharuskan perusahaan untuk membangun divisi Batching Plant.

Pekerjaan Membuat Penawaran Proyek

Sebenarnya tidaklah sulit membuat sebuah penawaran jika kita telah memiliki berkas-berkas lama, tapi jika tidak pembuatan penawaran bisa memakan waktu lebih lama karena kita harus membuat semua dokumen dari awal, tidak seperti jika memiliki berkas/file lama yang bisa kita kerjakan dengan mengedit beberapa item agar sesuai dengan yang telah ditentukan oleh penyedia pekerjaan.

Rasanya ingin juga membuat artikel tentang informasi dan cara membuat penawaran untuk proyek dari pemerintah. Tapi saya merasa belum cukup ilmu untuk dibagikan, mudah-mudahan untuk kedepannya saya bisa menulis tentang segala sesuatu yang berhubungan dengan penawaran, metode pelaksanaan dan semua yang berhubungan dengan item atau berkas untuk membuat penawaran proyek.

Untuk penawaran proyek di Dinas Pekerjaan Umum atau Bina Marga tentunya berbeda dengan proyek umum, namun persamaan ada dalam metode pelaksanaan.

Buat yang ingin belajar membuat penawaran sebaiknya mengikuti mereka yang ikut serta dalam penawaran, karena membat penawaran harus mengerti banyak hal tentang prosedur dan metode pelaksanaan. Pengetahuan ini bisa didapat langsung dengan praktek bukan hanya teori semata, karena sangat jauh berbeda.

Saya beberapa tahun menjadi supervisor di beberapa proyek dan sekarang sudah ditempatkan di kantor untuk membantu pengurusan pemenangan proyek. Apakah Anda salah satu orang yang tertarik menjadi kontraktor? Sekarang saatnya Anda mulai belajar dimulai dari langsung terjun kelapangan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel