Bukti Teknologi Masa Depan Akan Semakin Canggih

Kecanggihan teknologi masa depan sudah bisa kita rasakan saat ini, dan tidak perlu jauh-jauh mencari bukti teknologi masa depan yang super canggih. Saat ini teknologi tersebut sudah ada di depan mata, salah satunya adalah smartphone. Coba kita flash back ke tahun 2009 dimana Sony yang masih menggandeng nama Ericsson meluncurkan Xperia X10 dan sampai saat ini masih menggunakan nama Xperia untuk smartphone mereka.

Xperia X10 meraih kesuksesan pada masanya dimana inovasi teknologi masa depan tergambar jelas dari perangkat milik Sony ini. Kalau kita hitung, hanya berjarak 2 tahun setelah Apple mengeluarkan teknologi masa depan mereka berupa sebuah iPhone yang diluncurkan tahun 2007.

Bukti Teknologi Masa Depan Akan Semakin Canggih

Smartphone hanya salah satu teknologi yang membuktikan bahwa teknologi masa depan akan semakin canggih. Selain smartphone kita mengenal teknologi lain yang lebih canggih, yaitu Google Glass. Saya yakin kita semua sudah tahu kacamata pintar besutan Google ini. Kesan pertama saat melihat kacamata pintar ini adalah teknologi canggih yang sering kita tonton di tv lewat film-film hollywood.


Google Glass juga menjadi bukti teknologi masa depan akan semakin canggih. Bagaimana tidak, sebuah inovasi teknologi yang sangat kecil dan pintar ini bisa diciptakan. Meski produk Google ini di kecam sebagai produk gagal.

Selain Google Glass, kita mengenal Printer 3D. Ini benar-benar teknologi yang mencengangkan siapa saja, bagaimana sebuah printer yang kita kenal sebagai mesin cetak teks dan gambar diatas kertas, namun juga bisa diciptakan untuk mencetak hasil yang berbentuk 3 dimensi yang hampir mirip dengan aslinya.


Teknologi canggih ini sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia, karena bisa menghasilkan replika dari suatu objek 3 dimensi yang sempurna. Untuk keperluan arsitek, medis, otomotif dan lain sebagainya yang sangat membutuhkan teknologi masa depan ini untuk mempermudah pekerjaan manusia.

Teknologi masa depan berikutnya adalah Virtual Reality (VR). Apa itu virtual reality? Menurut Wikipedia, Virtual Reality atau realitas maya adalah teknologi yang membuat pengguna dapat berinteraksi dengan suatu lingkungan yang disimulasikan oleh komputer (computer-simulated environment), suatu lingkungan sebenarnya yang ditiru atau benar-benar suatu lingkungan yang hanya ada dalam imajinasi. Lingkungan realitas maya terkini umumnya menyajikan pengalaman visual, yang ditampilkan pada sebuah layar komputer atau melalui sebuah penampil stereokopik, tapi beberapa simulasi mengikutsertakan tambahan informasi hasil pengindraan, seperti suara melalui speaker atau headphone.


Dan, yang terakhir adalah Hololens yang sedang dikembangkan oleh Microsoft. Menurut saya, inilah bukti terbesar teknologi masa depan yang sesungguhnya walaupun banyak teknologi lain yang sedang di uji. Holographic computing, teknologi ini sudah kita kenal dari film-film hollywood.


Holografi adalah teknik yang memungkinkan cahaya dari suatu benda yang tersebar direkam dan kemudian direkonstruksi sehingga objek seolah-olah berada pada posisi yang relatif sama dengan media rekaman yang direkam. Gambar berubah sesuai dengan posisi dan orientasi dari perubahan sistem pandangan dalam cara yang sama seperti saat objek itu masih ada, sehingga gambar yang direkam akan muncul secara tiga dimensi (3D) yang biasa disebut dengan hologram. (Wikipedia

Nah, itulah bukti bahwa teknologi masa depan akan semakin canggih. Mungkin 5 tahun kedepan kita akan melihat inovasi teknologi baru yang akan muncul lebih canggih dari yang ada saat ini. Seperti tadi kita flash back 6 tahun silam dimana Xperia smartphone tahun 2009 yang jika kita bandingkan dengan teknologi smartphone saat ini jauh lebih canggih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel